Top Ad unit 728 × 90

random

Cara Membuat Drone Sendiri

Quadcopter Drone [image source]
Drone adalah pesawat tanpa awak yang berfungsi mengambil objek gambar atau video dari ketinggian atau tempat yang sulit di jangkau manusia yang dikendalikan oleh remote control. Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (english = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya . Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. Rudal walaupun mempunyai kesamaan tapi tetap dianggap berbeda dengan pesawat tanpa awak karena rudal tidak bisa digunakan kembali dan rudal adalah senjata itu sendiri.
[post_ad]

Komponen - komponen untuk merakit drone

Setelah kita mengetahui definisi dari drone, sekarang saatnya kita mengenal bagian-bagian dari sebuah quadcopter. Bagian ini merupakan komponen utama yang diperlukan untuk merakit quadcopter. Komponen-komponen ini bisa dibeli secara terpisah dan harganya pun bervariasi, mulai dari yang harga-nya cukup terjangkau sampai yang sangat mahal juga tersedia. Tapi, sebelum kita membahas masalah harga dan memulai merakit drone sendiri, mari kenalan dulu sama komponen-komponen yang diperlukan dalam merakit drone. Setidaknya ada 7 Komponen utama yang diperlukan untuk merakit drone quadcopter sampai RTF (Ready To Fly), antara lain : Flight Control Board (FCB), Frame, Motor, Electronic Speed Control (ESC), Propeller (baling-baling), Baterai dan charger dan yang terakhir adalah remote ( Radio transmitter and receiver ). Sekarang mari kita bahas satu-persatu komponen tersebut.

1. Frame

Sudah cukup jelas ini merupakan kerangka dari quadcopter. Banyak jenis dan banyak tipe yang beredar, mulai dari bahan kayu, aluminium dan carbon fiber tersedia. Bentuknyapun macam-macam sesuai selera anda, mau memilih tricopter, quadcopter ataupun hexacopter. Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan frame ini adalah pada jumlah rotor yang dipakai, berat bahan frame dan bentuk yang presisi. Untuk frame quadcopter ukuran 250, banyak tersedia di pasaran dengan bahan fiber glass sampai carbon fiber. Memilih carbon fiber tentu lebih mahal, tapi tentu akan lebih ringan sehingga menambah flight time.

Pilihan belanja yang tersedia online di urut berdasarkan harga:

34 USD, Carbon fiber : Banggood.com
34 USD, Carbon fiber, tipe Tarot TL250A : Banggood.com
29 USD, Carbon fiber, tipe INDY 250: RCTimer.com
27 USD, Glass carbon, tipe Diatone: Banggood.com
25 USD, Carbon fiber: MyRCMart.com
16 USD, Fiber glass : Banggood.com

2. Motor

Motor adalah bagian yang menggerakan baling-baling. Motor ini biasanya tersedia dalam ukuran dimensi motor dan kekuatannya dalam satuan kv atau rpm/v. Pemilihan motor disesuaikan dengan Propeller dan ESC yang anda gunakan. Sebagai catatan bahwa semakin besar satuan kekuatannya maka semakin besar pula daya yang diperlukan. Motor brushless outrunner yang akan kita pakai adalah jenis 2300KV-2400KV. Untuk merk motor, banyak pilihannya seperti SunnySky, RCTimer, RCX, ZMR dan sebagainya. Tidak usah bingung, pilih saja seusai budget yang tersedia.

Jangan lupa, beli empat unit ya, karena kita buat tipe quadcopter. Harga di bawah adalah total untuk empat unit.

Pilihan belanja yang tersedia online di urut berdasarkan harga:

48 USD, RCTimer 1806-2300KV: RCTimer.com
39 USD, RCX H1806-6 2400KV : MyRCMart.com
36 USD, DYS BE1806-2300KV : Banggood.com
36 USD, ZMR 1804-2400KV: Banggood.com

3. Propeller (Baling-baling)

Pada quadcopter terdiri dari dua buah propeller akan dibuat berputar searah jarum jam, dan dua buah lagi berputar berlawanan arah jarum jam.Pemilihan propeller menitik beratkan pada ukuran, bahan dan bentuk yang presisi. Hal ini karena akan berpengaruh pada keseimbangan terbang. Ukuran propeller biasanya menyatakan panjang x pitch , contohnya untuk ukurang quadcopter 250 biasanya menggunakan propeller ukuran 50×30. Bahan yang umum digunakan antara lain Nylon, Composite dan Carbon Fiber. Propeller yang digunakan untuk 250 yang umum adalah berukuran 50×30, bisa memilih yang berbahan karbon atau nylon. Kita hitung untuk neli minimal 8 unit ya, karena bagian ini akan menjadi bagian paling sering rusak. Jangan lupa, beli 2 jenis propeller sesuai arah putarannya, yaitu 2 jenis CW dan 2 jenis CCW. Harga di bawah adalah total untuk delapan unit

Pilihan belanja yang tersedia online di urut berdasarkan harga:

16 USD, 5030 Carbon Fiber Propeller: Banggood.com
14 USD, 5030 Carbon Fiber Propeller: MyRCMart.com
7 USD, Gemfan 5030 Carbon Nylon Propeller: Banggood.com
4 USD, Gemfan 5030 Carbon Nylon Propeller: RCTimer.com
3 USD, Diatone 5030 Carbon Nylon Propeller: Banggood.com

4. Electronic Speed Control (ESC)

Electronic Speed Control merupakan bagian yang cukup penting mengatur kecepatan dari setiap motor. ESC ini biasanya akan otomatis mengatur kecepatan atau arus ke setiap motor. Praktek sederhananya adalah ketika posisi pesawat sedang miring, maka ESC otomatis akan mengirimkan atau membuat salah satu atau beberapa motor berputar lebih cepat demi membuat keseimbangan pesawat. Dalam quadcopter dibutuhkan 4 ESC sesuai jumlah rotornya. ESC yang dibutuhkan untuk quacopter 250 adalah dengan ukuran 12A-20A. Pastikan ESC menggunakan firmware SimonK yang sudah dikenal kestabilannya untuk penggunaan di multi rotor, atau di tahun 2015 mulai banyak digunakan juga firmware BLHeli. Karena jumlah motor ada empat, maka kita perlu ESC juga sebanayk empat unit. Harga di bawah adalah harga total untuk empat unit ESC.

Pilihan belanja yang tersedia online di urut berdasarkan harga:

44 USD, Banggood BLHeli 16A : Banggood.com
42 USD, RCTimer SimonK 12A: Banggood.com
40 USD, RCTimer SimonK 12A: RCTimer.com
36 USD, RCX SimonK 12A: MyRCMart.com
34USD, EMAX SimonK 12A : Banggood.com
29 USD, RCX SimonK 12A: Banggood.com


5. Flight Control Board (FCB)

Menurut cerita yang saya dapat dari seorang yang bergelut di dunia aeromodeling, FCB ini merupakan bagian utama dari drone quadcopter, ya ceritanya ini adalah otaknya dari pesawat tersebut. Banyak sekali jenis Flight Control dengan berbagai kemampuan dan fitur ekstra didalamnya. Fitur yang dibawa FC biasanya seperti Gyro, GPS, Accelerometer, Magnetometer dan sebagainya. Fitur Gyro digunakan agar pesawat bisa hold position pada ketinggian tertentu yang kita inginkan, fitur GPS bisa kita gunakan untuk mengatur pesawat terbang pada posisi tertentu. Tapi tidak semua quadcopter membawa fitur FC yang lengkap, contohnya adalah quadcopter JJRC H8C yang tidak dilengkapi dengan GPS. Untuk pemilihan FC sebagai otak quadcopter kita, selain masalah harga juga terkait masalah selera. Sejauh apa fitur yang nanti kita inginkan dan seperti apa software yang akan digunakan untuk melakukan settingnya.

Biar gampang, untuk sekarang silahkan pertimbangkan dari 3 jenis berikut: Flip32, Open Pilot CC3D dan APM mini.

Pilihan belanja yang tersedia online di urut berdasarkan harga:

50 USD, APM Mini 3.1: Banggood.com
50 USD, APM Mini 3.1: MyRCMart.com
28 USD, Flip32+ : MyRCMart.com
25 USD, Flip32+ : Banggood.com
16 USD, Open Pilot CC3D : Banggood.com

6. Radio Transmitter & Receiver

Radio Transmitter & Receiver merupakan bagian yang penting juga, sekalipun sudah merakit drone quadcopter dengan baik tapi tak bisa terbang tanpa Radio Transmitter & Receiver (remote), ya kan? hahaha. YAng perlu diperhatikan dalam memilih remote quadcopter adalah jumlah Channel yang mampu di control oleh Radio Transmitter nya. Pada quadcopter minimal diperlukan 4 channel yaitu untuk mengendalikan Throttle, Yaw, Pitch dan Roll. Channel tambahan bisa digunakan untuk keperluan lain misalnya mengganti flight mode, atau menggerakkan gimbal untuk menggambil foto atau video udara. Untuk mencari radio yang tergolong cukup murah dan handal tidak banyak pilihan, yang paling umum adalah menggunakan Turnigy 9XR atau Walkera Devo atau bila ingin lebih tinggi lagi, bisa memilih Taranis. Buat yang ingin menggunakan Throttle di sebelah kiri (bukan kidal), pilih Transmitter Mode 2 ya. Untuk receiver, langsung saja pilih 8 channel

Berikut ini pilihannya:

Turnigy 9xR + FRSky Module + Receiver

50 USD : Turnigy 9XR No Module: HobbyKing.com
30 USD : FRSky DJT -JR Module: Banggood.com
24 USD : FRSky V8FR-II 8 Channel Receiver : Banggood.com
Total: 104 USD

Walkera Devo 7 + Receiver

65 USD : Walkera Devo 7 Channel : Banggood.com
16 USD : Walkera 6 Channel receiver : Banggood.com
Total: 81 USD

Apabila ingin membeli satu set langsung, maka transmitter di bawah ini bisa sebagai pilihan

55 USD : FlySky FS-i6 2.4G 6CH AFHDS RC Transmitter With FS-iA6 Receiver : Banggood.com
160 USD : WK-Devo 10 Channel Transmitter: Banggood.com
250 USD : FrSky 2.4G ACCST Taranis X9D Plus Transmitter With X8R Receiver : Banggood.com

7.  Baterai dan charger

Komponen selanjutnya adalah sumber tenaganya. Baterai yang biasa digunakan adalah jenis Lithium Polymer (LiPo) , dan untuk penggunaan pada multirotor biasanya menggunakan jenis kemasan softpack untuk meminimalkan beban. Yang diperlukan dalam pemilihan baterai adalah berdasarkan jumlah cell dan kapasitasnya. Selain itu juga diperhatikan bentuk konektornya, yang cukup umum digunakan adalah konektor model XT60 atau Deans Plug. Jumlah cell menentukan berapa voltage baterai tersebut. Satu cell LiPo adalah sebesar 3.7 Volt, jadi apabila menggunakan LiPo 3 cell, berari memiliki ukuran 11.1 Volt. Jangan lupa sesuaikan dengan Motor dan ESC yang akan digunakan bersama-sama.

Untuk charger baterai, banyak pilihan dengan berbagai fitur, misalnya ada yang dilengkapi dengan fitur charge beberapa baterai sekaligus atau ada juga yang bisa melakukan balance charging . Yang jelas menggunakan charger yang baik dengan teknik charging yang baik bisa membuat umur baterai lebih lama. Untuk charger dan baterai, banyak merk dan tipenya, khusus untuk baterai, bisa menggunakan baterai Lipo softpack yang berkapasitas 1400mah – 2200mah 3s untuk mendapatkan flight time 10-15 menit.

Charger:

65 USD: Turnigy Reaktor 300W 20A : Hobbyking.com
33 USD: Imax B6AC Charger : Banggood.com
Battery:

20 USD: Ace 1300mah 3s 25C: Banggood.com
15 USD: Multistar Race spec 1400mah 3S 40C: Hobbyking.com
15 USD: Turnigy 2200mah 3S 35C: Hobbyking.com


Cara Membuat Drone Sendiri Reviewed by Unknown on 1:41:00 PM Rating: 5

No comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda baik itu merupakan pertanyaan, saran dan kritik. Pastikan anda tidak mengirimkan komentar berupa spam yang hanya akan mengurangi kenyamanan pengunjung yang lain.

Terimakasih

All Rights Reserved by Artechnolife © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

All Right Reserved, Arief Dermawan. Personal Blog. Powered by Blogger.