Top Ad unit 728 × 90

random

Hari AIDS Sedunia

Tahukah anda kapan diperingati nya hari AIDS sedunia? Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran kita terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.
Konsep ini pertama kali digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia pada tahun 1988. Sejak saat itu, tanggal 1 Desember mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia sebagai hari AIDS sedunia.
Tips menghadapi pengidap penyakit AIDS
Illustration, doc. Artechnolife
[post_ad]
Namun, sampai saat ini masih banyak kita temukan orang-orang yang masih takut bahkan mengucilkan pengidap penyakit AIDS. Ketakutan akan tertular  penyakit AIDS membuat banyak orang mengucilkan pengidap AIDS. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang AIDS menimbulkan akibat yang buruk, seharusnya kita memberikan dukungan dan support kepada pengidap penyakit AIDS agar dapat menjalani hidup normal seperti yang dijalani oleh orang-orang lainnya.
Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul dari masyarakat tentang AIDS. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Q : Amankah bekerja bersama orang dengan HIV /AIDS (ODHA)? 
A : Aman, karena HIV dan AIDS tidak menular melalui kontak bisa dalam kegiatan sehari-hari. TIDAK MENULAR melalui :
  • Makan bersama
  • Berenang bersama
  • Gigitan serangga
  • Berjabat tangan
  • Toilet bersama
  • Alat makan dan minum bersama
  • Bekerja bersama
Q : Apakah bisa sembuh? 
A : Tidak, namun sudah ada obat untuk mencegah HIV menjadi AIDS, sehingga ODHA dapat tetap produktif dan tidak menular kan HIV.
Q : Bagaimana cara untuk mengetahui status HIV? 
A : Lakukan test HIV, melalui VCT (Voluntary Counseling & Testing), secara sukarela dan terjamin kerahasiaan nya. Skrining HIV juga dilakukan saat kegiatan donor darah.

Dengan adanya jawaban dari beberapa pertanyaan umum diatas, semoga masyarakat dapat lebih paham dam mengerti mengenai HIV dan AIDS sehingga dapat memperlakukan para pengidap HIV AIDS dengan lebih baik dan manusiawi.

 
Hari AIDS Sedunia Reviewed by Djoernalist on 10:55:00 AM Rating: 5

No comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda baik itu merupakan pertanyaan, saran dan kritik. Pastikan anda tidak mengirimkan komentar berupa spam yang hanya akan mengurangi kenyamanan pengunjung yang lain.

Terimakasih

All Rights Reserved by Artechnolife © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

All Right Reserved, Arief Dermawan. Personal Blog. Powered by Blogger.